Pages

Selasa, 28 Agustus 2012

8 langkah belajar tanpa stres

Written by: Erliza Cikal at 19.57
Photo by Tumblr

1.    Pulang sekolah santai-santai aja dulu.
Relaks dan tenang dulu sebelum ngerjain tugas. Otak juga butuh rileks setelah kita belajar di sekolah selama 8 jam.
2.    Kalau ada tugas harian yang musti diselesaikan, mending selesaikan dulu.
Kita nggak mau kan pas lagi belajar tiba-tiba kakak teriak-teriak, “Lolaaaa, hari ini kan tugas kamu cuci piring! Cepetan cuci piring sana, piringnya udah numpuk . kakak mau pergi”.
3.    Belajar di suatu tempat setiap hari.
Kalau belajarnya harus membutuhkan konsentrasi tinggi, belajarlah di tempat tenang dan bebas dari segala macam gangguan. Gangguan itu misalnya teriakan adik yang gak jelas, obrolan ibu sama temen arisannya, kakak yang ngomel minta hape baru, dsb. Oya, jangan ngotot belajar di tempat tidur! Kalo kamu nekat ngelakuinnya dijamin kamu bakal ketiduran. Belajar yang baik itu yang duduk tenang menghadap meja tulis.
4.    Siapkan semuanya sebelum kamu belajar
Buku, alat tulis, kalkulator, buku referensi, kertas, dan lain-lain. Bolak-balik mengambil barang akan mengacaukan keruntutan pikiranmu sehingga konsentrasimu bakal buyar.
5.    Singkirin semua barang-barang “Perusak konsentrasi” dari meja belajar.
Singkirkan game, komik, netbook, dan benda “Perusak konsentrasi” lainnya. Kalaupun ada tugas yang musti nyari di internet, usahakan browsingmu digunain buat nyari tugas itu aja. Jangan tertarik buka situs lainnya kayak facebook, twitter ataupun game online. Niatnya sih sebentar, tapi itu akan membuat kamu nggak jadi belajar.
6.    Kerjain tugas yang paling gampang dan mengasyikan lebih dulu.
Pernah denger sebuah rumus yang bilang “kerjakan tugas yang paling berat dulu” ? Cara yang ini mungkin bakal bertentangan sama rumus tersebut. Ngerjain tugas yang paling gampang nggak butuh waktu lama dan bakal membuat suasana hati nyaman. Well, setelah tugas yang mudah selesai tentunya kita bakal beranjak ke tugas yang lebih sulit. Cemunguuuudh!
7.    Istirahat sebentar kalau kamu merasa capek.
Mungkin bisa ngemil, mengirup udara segar, bercanda sama adik, dll. Tingkat konsentrasi otak bakal menurun setiap dua jam, jadi kalau capek ya break dulu.
8.    Berikan “Reward” (penghargaan #halah) untuk dirimu sendiri kalau kamu udah selesai ngerjain tugas yang sulit.
Telfon temen terus haha-hihi ria, nonton tivi, dengerin lagu yang bikin smengat, ataupun beli es krim bareng adik (sekalian amal). Lakuin semua yang kamu sukai. Setelah lelah mengerjakan tugas, kamu berhak mendapatkannya kok, guys.
Semoga bermanfaat kawannnn :)

Sumber : Buku Pintar Remaja Gaul

0 comment:

Posting Komentar

Drop your coment here! :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Cikalala~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea