Pages

Jumat, 05 Desember 2014

Lengkara Sengap

Written by: Erliza Cikal at 20.31



Beberapa orang memang suka berbicara melukiskan abstraksi perasaan menggunakan literatur bahasa yang disuarakan. Ingin membuat pendengarnya paham tentang euforia, antusiasme, atau pilu yang sedang coba dibagi.

Bukan berarti ingin menangnya sendiri, bukan berarti tidak menerima komentar atau gagasan dari pendengarnya, bukan berarti kaset fals yang tak bisa berhenti berputar. Sama sekali bukan. Bagi beberapa orang, terkadang berbicara merupakan suatu kebutuhan. Coba mengusir sepi katanya. Jenuh dengan kesunyian yang selalu minta didengarkan. Atau bisa jadi sedang mengalihkan suatu pikiran yang sedang ditutupi. Bisa gila kalau ia hanya diam saja. Memang kapasitas otak lebih besar dari hardisk atau flashdisk termutakhir. Tetapi ada perasaan bermain diatasnya. Ada hati yang selalu merasai, hakim atas segala perkara, mendesak otak agar bekerja dibawah nurani.


Memang, banyak berbicara itu tidak baik, apalagi jika saraf motoriknya bekerja lebih cepat ke pita suara ketimbang mengendapkannya lebih dulu dalam syaraf otak. Untuk yang ini, memang harus lebih hati-hati. Harus bisa mengatur lintasan. Agar bicara tidak sekedar bualan kata sampah. Agar bisa menghargai lawan bicara yang mengizinkan gendang telinganya dilewati gelombang audisonik milikmu. Agar yang dengar paham, bukan malah kebingungan. Salah-salah malah menyakiti hati orang lain karena kata yang tak tersaring. Jangan sampai.

Aku sudah coba jadi pendiam. Tapi tak bisa. Menjadi pembicara memang sudah mengaliri nadi. Tipikal orang yang tidak bisa diam saja ketika kepala dilesaki banyak gagasan yang ingin disampaikan, takut dikepung kealapaan. Tetapi lambat laun juga belajar bagaimana jadi pembicara yang baik. Karena apa yang diucapakan bisa jadi pisau bermata dua untuk diri sendiri.

Sedang belajar memahami dunia dengan sudut pandang ciptaanku.
Tapi juga sedang coba buka telinga agar terbuka pada segala jenis masukan. hehe :)

0 comment:

Posting Komentar

Drop your coment here! :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Cikalala~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea