Pages

Senin, 12 Januari 2015

Dalam Kenisbian

Written by: Erliza Cikal at 00.11

Bumi berotasi perlahan, permadani biru yang disebut langit mengganti formasi permata-permatanya tiap aku menengadah mencari cahaya, air laut pasang surut mengombang-ambing kapal nelayan, serigala kelaparan yang tengah frustasi melolong lemah menahan lapar.

Tuhan tak berhenti ku memuji dan merenung tiap kali kau suguhkan peristiwa yang bisa membuat manusia nyaris sinting memikirkan mekanisme-mekanisme di luar kendalinya. Einsten, Darwin, Frederich Wohler, Stanley Miller, bukankah mereka semua manusia eksentrik ciptaan-Mu yang telah meruntuhkan teori vitalisme?

Ah, kaum awam yang miskin ilmu sepertiku hanyalah butiran monomer asing diujung rantai polimer kuasamu. Malu aku jika kuingat aku lalai dan jarang bersyukur.

Manusia, selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Teori mutlak yang didengung-dengungkan guru biologi disela-sela kantuk tertahan. Pertumbuhan seperti halnya masa lalu, tidak dapat bergerak mundur. Sedang perkembangan sebaliknya, revesible terhadap waktu.

Termasuk diantaranya adalah perkembangan pola pikir. Banyak manusia yang menyebut dirinya ‘orang dewasa’ padahal ia tak ayal anak kecil yang terperangkap dalam tubuh orang dewasa. Dan bagi sebagian yang memiliki keterbelakangan mental, sesuatu seperti itu dianggap maklum.

Sebagian orang menyebut dirinya menunggu hidayah Tuhan sambil mendongakkan kepala dengan angkuh menganggap diri hidup selamanya. Sudah takdir katanya, padahal malas merubah nasib. Realistis kadang membuat seseorang menjadi pesimis, skeptis atas kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di luar kendalinya. 

Pemikiran lain beranggapan, bagi segelintir orang yang menjemput hidayah-Nya, hidupnya diliputi damai serta kebahagiaan yang meluap-luap karena berhasil menemukan ruhnya.

          Lantas, seperti apakah kebahagiaan  yang hakiki itu?

                   In my own mind,
Yogyakarta 12-1-2015
Insomnia; 00:06.

0 comment:

Posting Komentar

Drop your coment here! :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Cikalala~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea