Pages

Senin, 19 Januari 2015

Egosentrisme

Written by: Erliza Cikal at 20.13

Tuhan selalu punya banyak pertimbangan. Ia tempatkan manusia dalam keadaan ramai supaya memahami, dunia ini tidak dibangun atas egosentrismenya seorang diri. Di waktu lain, Tuhan memberikan sepi untuk berpikir. Dan sebagai akibat relativitas Einsten yang bekerja, waktu bergerak lamban. Maka termenunglah aku. Berbagai memori acak mengorbit disaraf-saraf di kepala, menyimpul senyum atau murung yang tiba-tiba.

Orang-orang tahunya aku super ceria, super sibuk, seperti tak punya waktu luang untuk diri sendiri maupun teman-teman, nyaris sinting karena sering berkhayal yang tak masuk akal, mendahului pembicaraan karena berpikir dapat membaca pikiran seseorang melalui gestur tubuhnya. Ternyata aku salah, meskipun pradigma lain juga tidak seratus persen akurat. Bahwa apa-apa saja yang dilakukan seseorang pasti beralasan.

Tetapi terkadang, seseorang malas bertanya, memilih untuk menarik kesimpulan sepihak. Kemudian datang dengan penilaian ngawur memaksakan hipotesa tak bervariabel miliknya pada si subjek. Ada yang dengan tulus mengulurkan tangan bahkan menyediakan telinga, tetapi ada juga yang menghampiri hanya sekedar ingin mencari tahu.

Diri ini tentu saja tidak buta atau tuli. Pasti lihat dan dengar desas-desus sekitar. Terimakasih telah memberikan penilaian yang begitu beragam; pujian yang menjatuhkan atau kritik yang membangun. Pokoknya terimakasih untuk semua lontaran yang telah kalian beri baik di depan wajahku maupun di belakang punggungku! Baik kalian yang mengenalku secara personal, maupun yang terpaksa meramu senyum palsu. Yang jelas, aku masih bisa bernafas dengan nyawaku sendiri, bukan jejalan oksigen dari orang-orang sekitar.

Terimakasih Tuhanku, Allahku, karena menjadi tempatku bersandar ketika tiada lagi asa tersisa. Aku yakin hikmah yang kau beri jauh lebih keren dibanding keluhan sehari-hariku yang super norak.

Apapun itu, pokoknya terimakasih buat yang baca!
Sepertinya menjadi skeptis memang perlu sekali-kali.

0 comment:

Posting Komentar

Drop your coment here! :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Cikalala~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea